ilustration / Foto : Tribun Jakarta Jeprima
ilustration / Foto : Tribun Jakarta Jeprima

Jakarta Tenggelam!

Pada tahun 2014, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami laju urbanisasi tertinggi di dunia sebanyak 4% per tahun ditambah dengan jumlah kelahiran di perkotaan. Berdasarkan hal ini, peneliti memprediksi pada tahun 2025 diperkirakan porsi penduduk perkotaan mencapai 67,7% dan jika hal ini terus berlanjut, maka pada tahun 2050 penduduk perkotaan akan membludak menjadi 85% atau sebanyak 320 juta jiwa.

Pada tahun 2012 Jawa menjadi pulau dengan persebaran penduduk paling padat di Indonesia sebanyak 35% diikuti Sumatera sebanyak 32% dan Sulawesi sebanyak 11%. Hal ini menurut Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) akan menimbulkan banyak persoalan seperti kesehatan, lapangan kerja, perumahan dan yang paling penting adalah lingkungan.

Jika kita mengambil contoh DKI Jakarta, pada tahun 2015 jumlah penduduk Jakarta adalah 9.988.495 jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 15.052,84/km2 dengan luas kota  664km2. Padatnya penduduk dan lokasi Jakarta yang dekat dari pesisir pantai menjadi rentan terkena dampak perubahan iklim. Hal ini terbukti dengan terdapatnya 125 titik wilayah yang rawan banjir.

Dengan semakin padatnya penduduk di kawasan perkotaan menjadikan daratan/ tanah di Jakarta menjadi rawan ambles karena usia tanah Jakarta yang relatif masih muda dan mengalami beban berlebihan seperti gedung, lalu lalang kendaraan berat, hingga pemompaan air tanah yang dalam.

Dengan suhu bumi yang saat ini mencapai 1 derajat celcius dan terus bertambah, maka bukan tidak mungkin kota-kota di Indonesia yang terletak di pesisir pantai seperti Jakarta dan Surabaya akan menghilang di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Membantu Program Penyaluran Bansos Kemensos, (Juli 2020)

Membantu Program Penyaluran Bansos Kemensos, (Juli 2020)