Menuju Kota Hijau

Green City / Foto : images.gofreedownload.net

Green City / Foto : images.gofreedownload.net

Kota hijau merupakan konsep pembangunan kota berkelanjutan dan ramah lingkungan yang dicapai melalui keseimbangan strategi pembangunan antara pertumbuhan ekonomi, kehidupan sosial dan perlindungan lingkungan sehingga kota menjadi tempat yang layak huni tidak hanya bagi generasi sekarang, namun juga generasi selanjutnya.

Berikut beberapa langkah menuju kota hijau :

  1. Ganti seluruh lampu perkotaan dari lampu-lampu perkantoran hingga lampu jalanan dengan lampu LED yang dapat bertahan lebih lama dari lampu biasa.
  2. Bangunan gedung yang dilegkapi panel surya, jendela berlapis selaput penangkap panas, sensor mematikan lampu di ruangan kosong dan sistem HVAC untuk menghemat energi.
  3. Dibangunnya jalur sepeda yang terlindungi. Dengan begitu masyarakat perkotaan akan lebih terdorong untuk berpergian dengan sepeda.
  4. Perbanyak pepohonan rindang di sepanjang jalan untuk menurunkan suhu udara kota dan melindungi pengguna jalan dari sengatan panas matahari

Sumber: IPCC dan WHO

One comment

  1. That’s really thniikng at a high level

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Ananda Mustadjab Pembicara Hari Bumi

Ketua YPBI Saat Menjadi Narsum di Acara Hari Bumi 2017