Traveler Ramah Lingkungan
ilustration / foto ; blog.virtuoso.com

Tips Jadi Traveler Ramah Lingkungan

Traveling kini menjadi tren di kalangan anak muda, namun masih banyak yang belum tau bahwa aktivitas yang dilakukan dari mulai berkemas hingga ke tujuan wisata perlu diperhitungkan, dalam artian segala hal yang kita lakukan selama traveling juga harus ramah lingkungan sehingga tidak mencemari lokasi wisata.

Ringkas Saat Berkemas

Usahakan membawa barang yang hanya diperlukan saja, karena setiap 5 kg bagasi ekstra yang dibawa tiap penumpang akan menambah jumlah bahan bakar yang dikonsumsi pesawat terbang yang tentunya menambah emisi karbon.

Bawalah Perlengkapan Pakai-Ulang

Bawa tas belanja sendiri jadi kamu tidak mengonsumsi banyak kantong plastik. Kurangi penggunaan barang-barang sekali pakai, seperti pakaian dalam atau kotak makan berbahan styrofoam. Jadi bawalah tas belanja dan botol air minum sendiri ya teman-teman.

Transportasi Publik

Untuk perjalanan dalam kota, manfaatkan prasarana transportasi publik, seperti bus kota atau trem. Minimalkan pemakaian taksi atau mobil sewaan. Jika memungkinkan, perbanyak jalan kaki dan bersepeda. Pasti liburan kamu jadi lebih seru!

Wisata Alam dan Bahari

Wisata ke pegunungan atau hutan tropis jadi pilihan kamu? Berjalanlah dalam kelompok kecil dan jaga langkah agar tetap di jalan setapak. Hal tersebut bisa mengurangi tingkat kerusakan tanaman dan kemungkinan gangguan atau kematian binatang-binatang kecil yang disebabkan oleh kaki kamu. Jika kamu suka berwisata ke laut, ketika menyelam, jangan menyentuh koral (terumbu karang) dan atau mengambil bebatuan. Hal itu bisa merusak ekosistem terumbu karang yang rapuh.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Hingga saat ini masih banyak pengunjung tempat wisata yang tidak bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan. Hal ini tentu saja mengurangi keindahan alam di lokasi wisata tersebut dan yang paling penting adalah merusak lingkungan. Jika tempat sampah di lokasi wisata jauh atau bahkan tidak ada, usahakan sampah yang akan kamu buang bisa kamu kumpulkan di kantong sampah dulu ya teman-teman dan bisa dibuang saat kamu menemukan tempat sampah.

Jadilah petualang yang ramah lingkungan ya teman-teman.

Parentsindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Ananda Mustadjab Pembicara Hari Bumi

Ketua YPBI Saat Menjadi Narsum di Acara Hari Bumi 2017